Manfaat dan khasiat Kunyit - Asam

Kunyit asam, jamu tradisional yang sangat bermanfaat. Menyehatkan dengan rasa yang segar dan mantap. Diracik dari dua jenis rempah, yakni kunyit dan asam jawa. dua jenis rempah ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, juga sekaligus bisa digunakan sebagai minuman yang dikenal berkhasiat bagi kesehatan.


Manfaat dan khasiat Kunyit

Kunyit biasanya digunakan dalam masakan kari dan soto. Rempah yang berwarna kuning orange ini juga berkhasiat sebagai obat. Menurut beberapa penelitian, kunyit memiliki khasiat yang dahsyat bagi kesehatan diantaranya adalah:
melawan infeksi, melindungi usus dan lambung, memiliki efek anti kanker, meringankan peradangan, mengurangi kolesterol, mencegah penyakit yang berhubungan dengan usia.

Kunyit mengandung zat yang bisa melawan jamur, parasit, dan bakteri, sehingga bisa berhasiat sebagai antiseptik untuk mencegah luka dari infeksi.

Kunyit juga baik untuk kesehatan organ pencernaan karena mengandung zat anti radang dan antioksidan. Jadi kunyit bisa meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Maka kunyit juga digunakan untuk membantu pengobatan dan mencegah timbulnya tukak lambung.

Kunyit mengandung zat aktif yakni kurkumin. Bermanfaat untuk mencegah perkembangan tumor dan sel kanker terutama kanker usus besar. Kurkumin juga bermanfaat sebagai antiradang misalnya radang sendi dan penyakit autoimun.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi kunyit atau suplemen kurkumin bisa berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Jadi bisa mencegah penyakit jantung dan membantu mengurangi kadar kolesterol bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Manfaat dan khasiat asam jawa

Nama latin dari asam jawa yakni tamarindus indica. Seperti halnya kunyit, asam jawa selain sebagai bumbu masakan juga mengandung khasiat sebagai obat. Asam jawa yang telah diolah menjadi minuman tradisional dipercaya mampu mengatasi diare, sembelit, demam, dan juga tukak lambung.

Asam jawa mengandung polifenol, memiliki sifat antioksidan dan anti radang, sehingga bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Ekstrak asam jawa juga dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Banyak sekali manfaat kunyit dan asam jawa, yang saat diramu menjadi minuman tradisional yang segar dan nikmat tetap memberikan manfaat kesehatan yang ada. Jadi silakan menikmati kelezatan dan rasakan badannya lebih sehat dan lebih bugar.

Informasi penjual jamu tradisional KUNYIT ASAM, bisa dilihat disini.